Jumat, 16 April 2010

10 ALASAN MENGINVESTASIKAN KARIR ANDA


Tidak menginvestasikan diri sama dengan hanyut di sungai deras tanpa dayung, peta ataupun informasi tentang apa yang menunggu di belokan berikutnya.

Keadaan mungkin terlihat baik untuk sementara, tapi di satu saat Anda akan menyadari bahwa Anda telah membuat kesalahan besar.

Untuk menghindari bencana terselubung seperti itu dalam karir Anda, Anda perlu berinvestasi untuk mencapai tujuan hidup serta karir Anda.

Berikut 10 alasan kenapa menginvestasikan karir Anda adalah suatu keharusan.

1. Keuntungan Terbesar Dari Investasi, Dimanapun Anda Berada

Keuntungan yang Anda dapat dari investasi dan pengembangan diri jelas jauh lebih besar dari investasi finansial manapun yang bisa Anda lakukan. Mulai dari meningkatnya penghasilan Anda serta kesempatan yang tak terbayangkan sebelumnya, sampai kemampuan untuk melindungi diri anda dari pengangguran dan ketidakpuasan yang muncul dari perkembangan serta keberhasilan personal – keuntungan yang Anda dapat benar-benar sangat besar.

2. Anda Adalah Bos Dari Diri Anda Sendiri

Seandainya Anda adalah direktur atau CEO dari perusahaan sendiri, maka sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk memastikan Anda tidak akan bankrut. Sudah menjadi tugas Anda untuk memupuk perkembangan dan kesejahteraan diri. Anda akan melakukannya dengan perencanaan yang sangat cermat, melaksanakannya secara konsisten, tetap pada tujuan dan berinventasi untuk diri Anda sendiri.

3. Menjadi Lebih Bernilai

Buatlah dua neraca untuk diri sendiri. Neraca pertama untuk daftar aset finansial dan tanggungan. Neraca yang kedua untuk daftar ketrampilan, ide, pengetahuan, kemampuan untuk dipasarkan, jaringan personal, kegemaran dan kemampuan Anda untuk mewujudkan impian. Tingkatkan nilai plus personal Anda dengan berinventasi untuk daftar ke dua – begitulah Anda akan meningkatkan aset pada daftar pertama.

4. Menjadi Hebat

Yakinlah, Anda mampu menjadi hebat. Kebanyakan dari kita puas hanya karena sudah bisa bertahan, yang artinya kita hanya menggunakan sebagian kecil saja dari kemampuan kita. Ini adalah hal yang tragis. Mulai saat ini Anda perlu menyadari kehebatan anda dengan mengenali bakat dan menanamkannya pada kemampuan Anda.

5. Capai Tujuan Anda

Tujuan karir dan hidup Anda jauh lebih penting dari pada sekedar menjadi angan-angan saja. Karir yang salah urus dapat menggelincirkan tujuan hidup Anda. Mengembangkan diri sendiri bisa secara dramatis meningkatkan kemungkinan untuk mencapai tujuan Anda juga merupakan perwujudan nyata dari komitmen Anda untuk mencapai tujuan tadi.

6. Ciptakan Masa Depan Anda Sendiri

Karir Anda adalah milik Anda jadi Andalah yang berhak membentuknya. Mengembangkan diri memberi Anda kejernihan, kekuatan serta sarana untuk menciptakan masa depan Anda sendiri. Terkadang berinventasi berarti mengambil risiko, tapi itulah tiket untuk memasuki kesuksesan dan kebahagiaan.

7. Karena Dunia Adalah Tempat Yang Kompleks

Anda tidak bisa mengetahui semua yang ingin Anda ketahui atau melakukan semua yang ingin Anda lakukan sendirian. Anda tidak bisa melakukan yang terbaik tanpa bantuan orang lain. Maka cari dan berinventasilah pada mereka yang bisa mengajari, menunjukkan dan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

8. Hidup Ini Terlalu Singkat Untuk Hal-hal Yang Biasa

Tidak ada istimewanya menjadi orang yang biasa-biasa. Jadi sebaiknya Anda kenali di bidang apa kelemahan Anda dan cari pertolongan untuk merubahnya.

9. Investasi Memang Klise, Tapi Akhirnya Anda Akan Menyadari Bahwa Anda Membutuhkannya

Perjalanan waktu akan memberi perspektif yang tidak kita miliki saat ini. Suatu hari, Anda akan menoleh ke belakang melihat masalah-masalah Anda dan melihatnya sebagai ganjalan di jalan. Saat itu fokus Anda adalah suatu gambaran besar: hidup yang telah Anda jalani, kesempatan yang telah Anda cari dan Anda lewatkan, seberapa puas Anda serta warisan yang Anda tinggalkan.

Menginvestasikan diri akan memberi kita keberanian dan kebulatan tekad untuk mencapai kebahagiaan dan melakukan hal-hal yang kita inginkan.

10. Siapa Lagi Yang Bisa Anda Andalkan?

Coba kita perhatikan: Anda sendirian dalam hal ini. Yang harus kalah atau menang adalah Anda sendiri. Bukan orang lain yang akan berinventasi dalam perkenbangan Anda untuk memaksimalkan karir dan hidup Anda.

Bagaimana Berinvestasi Dalam Karir Anda?

Cobalah untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik dan kembangkan tujuan, rencana, ketrampilan profesional, pengetahuan, ketrampilan pengelolaan karir, dan ciri khas serta profil pribadi Anda. Anda bisa melakukan semuanya sendiri, atau membayar ahlinya untuk melakukannya untuk Anda.

Cobalah untuk memikirkan, merencanakan, menaksir kemampuan diri, mengembangkan tujuan, banyak membaca, berkonsultasi dengan ahli, ikut kursus, meningkatkan ketrampilan dan secara aktif memasarkan kemampuan diri. Anda juga perlu menyadari, pengembangan diri bukanlah suatu permainan yang tanpa hambatan. (msn/rita)

sumber: kapanlagi.com

Tidak ada komentar: